Pages

Subscribe:

Labels

__________Search Engine____________Search Engine__________

Memuat...

Sabtu, 17 Agustus 2013

Ngapain Galau? Emang dia tau perasaanmu?

Fenomena galau mungkin belakangan sudah meredup diganti dengan kata Move On yang telah menggantikan eksistensinya di kalangan Galauers dan entah apa lagi sebutan yang pas untuk semua para Republik Galau(ternyata bukan hanya Republik Mimpi aja yang ada ya?). Entah siapa yang awal mula memulai istilah demi istilah itu, namun saya curiga jangan-jangan yang mengawali dia juga yang mengakhiri dengan menciptakan fenomena baru seputar Move On. 
Fenomena ini sering saya jumpai setelah mengenyam bangku kuliah. Memang masih ada galau anak kuliah? Loh, jangan Tanya toh. Ini akibat dari kegagalan membina Hubungan sewaktu masa sekolahnya. Tapi setelah menemukan dambaan hati di tempat barunya, dia galau lagi gara-garanya mungkin saja si Gebetan sudah ada ekornya. Wah, ternyata tak setepat sniper ya sasarannya? Iya lah, namanya juga masih amatir bin kacangan. Hehehe 
Galau ini mungkin penyakit. Iya, memang penyakit. Penyakitnya anak muda masuk dari Kingdom TBC (Tekanan Batin Cinta). Iya kalau sudah di pikir pun memang begitu maunya. Anak muda yang sering terjangkit penyakit tak pandang bulu ini. Kalau saya lihat di akun Twitter dan Facebook saya mungkin setiap hari sudah penuh dengan coretan hati seputar penyakit ini, dari yang putus, yang ditinggal pacar sampe gak ada kabar, dari yang ngejar tapi gak dapet, semua ada.
Dari semua yang awalnya tentram ngomongin yang adem ayem,kini pun berubah jadi ngomongin Galau. Bahkan bila di tinjau dari umur pun kakek,nenek, adek, dari yang muda sampai yang tua pun sudah tau dan merasakan apa yang namanya galau. Sudah tren Galau selangkah lebih maju lagi tren embel-embel ‘Galau tingkat Dewa’ , ‘Galau tingkat Propinsi’, waduh… ada saja ini.
Wah.. sebenarnya saya juga geleng-geleng kepala kalau dengar istilah beginian. Lucu tapi gak ngelucui. Ya memang sudah fenomena ini seperti itu. Sudah ada istilah Galau, sudah dapat embel-embel berpangkat. Sekarang Booming kata Move On ini, iya mungkin itu yang lebih tepat sebagai pengganti galau.
Ngapain Galau? Emang dia tau perasaanmu?

Ah,, sedikit tersentuh dengan satu kalimat di atas. Awal membacanya pun memang terkadang miris ya,tapi setelah dipikir uang memang ada benarnya juga. Dari pada murung diri ngurus Galau yang gak ada juntrungannya mendingan Move On. Oke deh siap! Tapi Move On cara apa ini yang tepat? Nah, untuk yang masih di bawah umur, tolong ya adek-adek semua. Move On yang positif, jangan Move On malah nyari pengganti si Do’i lagi, nanti dapat lagi galau lagi, Move On lagi, dapat lagi, galau lagi.
Sekarang pertanyaannya kalo sudah galau, memang dia tau perasaan kamu?
Dia aja gak ngurus kamu kok, ngapain kamu nangis tiap hari kalau pun dia belum tentu nangisi kamu? Buat kaum hawa ini ya, buat apa nangisin si Dia kalo dia nya pun gak bakalan nangisi kamu? Ingat ya adek-adek, kakak-kakak, teman-teman. Cowok itu pantang nangis, setragisnya dia punya masalah dia tahu tempat mana yang pas buat buang ingus. Gak sembarang tempat dia buang tissu seingusnya. Ada waktu dan saat dia buang sapu tangan bahkan.
Ada juga saat dia membutuhkan sapu tangan. Sapu tangan macam apa? Sapu tangan yang menurutnya berjiwa bijaksana dan dewasa. Tersindir ya?
Wanita bukan asli bawahan laki-laki, dia hanya pendamping saja,bahkan dia juga bisa menjadi atasan leki-laki dalam hal memberi bijak kasih. Kalau memang ada wanita yang sudah menjadi sapu tangan laki-laki itu tak di ragukan kebijaksanaannya tinggi, pangkal dari seluruh yang utama dia cinta, yang pasti ibunya dong.
Jadi, mau jadi apa setelah ini? Silahkan membenarkan diri menjadi sapu tangan kebijaksanaan laki-laki. Yang jelas bukan dengan memikirkan galau yang ada.
Buat yang masih dikejar bangku sekolah, nah.. pikirkan bagaimana cara biar UN tak jadi masalah dan tak jadi setan,hantu menakutkan kalangan siswa. Nah, ngapain ngomongin UN? Ya pikirkan saja gimana malunya kalau kabar gak lulus sekolah kita di denger mantan Do’i? Na’udzubillah kita gak lulus UN. Ah.. kalau saya jelas malu sekali. Nah, cara praktis Move On yang tepat itu bikin mantan kamu kagum sama kamu. Bisa toh? Gimana coba caranya? Kasi’ bocoran dikit deh, jadi gini kita belajar yang rajin kalau sudah berprestasi pasti banyak yang muji juga banyak yang gigit jari. Percaya deh.. 
Nah..
Sudah tau begitu kenapa mesti galau? Apa lagi ini biasanya Cinta yang di jalin Cinta tingkatan Monyet bergelantungan. Wah, gampang pindahnya. Biasanya cinta monyet bergelantungan ini umurnya gak sepanjang umur saya waktu manjangin rambut. Hehehe
“Orang cinta aja loh di pikir. Buang-buang waktu. Ibukmu aja loh yang nikah gak ada cinta sudah tentrem.” Nah loh.. malu kan sama ibu sendiri? Kalo ada yang di bilangin gitu sama ibu nya harusnya dia sudah siap aba-aba melarikan diri nyungsep di kamar.
Nah buat yang Move On gaya anak Kuliahan, daripada ngabisin duit buat ngecengin anak orang pasca Galau. Mendingan buat jajan aja, gemukin badan, kan ceritanya ini anak kost-an sering kurusnya sama kaya’ saya. Hehee 
Nyari kegiatan lain dah, kan katanya “Mahasiswa itu gak boleh jadi Kupu-kupu(kuliah pulang-kuliah pulang), harus jadi kura-kura(kuliah rapat-kuliah rapat).” Hehehe
Tapi jangan rapat mau nyrobot punya orang ya? Hati-hati loh, tikungan selalu ada, gak di dia, gak di kamu. Jadi rapat yang bener, katanya agen perubahan? Kok masih labil, cengeng anak kecil? Rapat dong- rapat dong. Cari kesibukan. Kalo mau bantu isi rubik di blog ini. Hehehe
Jangan lupa itu yang mau jadi Agen Perubahan. Sekalian merangkap Agen Pencerahan. IPK harus tinggi ya.. Lulusan sudah menunggu. Oke?

Senin, 15 April 2013

Cara Membuat Blog Banjir Tergenang Air

Cara Membuat Blog Tergenang Air
Banjir memang sudah biasa kita dengar, banjir disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya membuang sampah sembarangan dll, akibat banjir banyak kerugian yang diakibatkannya baik kerugian materi maupun jiwa, namun bagaiman jika anda melihat suatu web/blog kena musibah banjir,,??apa yang harus anda lakukan..?? kalau bagi saya mah dibiarin aja sob,toh ngak bakalan ada kerugian materi maupun jiwa, wkwkw ^_^
Oke sob,,tanpa menyalahi topik dari judul artikel ini, sebenarnya ini adalah sebuah widget untuk blog bagi yang suka iseng2 dengan blognya,,kali ini saya mau memberikan sebuah Cara Membuat Blog Banjir Tergenang Air seperti yang telah sobat lihat dari gambar diatas.
Langsung saja cara membuatnya sob 
  1. Login ke blogger sobat 
  2. Pilih Tata Letak / Rancangan
  3. Tambahkan gadjet
  4. Pilih HTML/Javascript
  5. Lalu tambahkan Code Di Bawah Ini : 

<script language="javascript">
nd_mode="flood";
nd_vAlign="bottom";
nd_hAlign="right";
nd_vMargin="10";
nd_hMargin="10";
nd_target="_blank";
</script>
<script language="javascript" src="http://tateluproject.googlecode.com/files/efek.js"></script>
<div style="position: fixed; bottom: 0px; right: 20px;width:100px;height:30px;"><small><center><a href="http://yugialone.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-efek-banjir-pada-blog.html" target="_blank">Cara Membuat Widget Efek</a></center></small></div>
    6.  Terakhir simpan 
Sekian postingan kali ini dan saya jamin blog sobat sudah penuh dengan air, sobat hanya perlu menyiapkan pancing, siapa tau sobat mau memancing ikan di layar Pc sobat..hahahahahahha :) ^_^ SELAMAT MEMANCING DAN BERJUANG MENGURAS AIR SOBAT

Solusi Tepat Belajar Secara Online HTML,CSS dan Javascript

Solusi Tepat Belajar Secara Online HTML,CSS dan Javascript

Selain membuat postingan, apa yang anda lakukan dengan blog..?? tentunya ketika kita membuat blog akan selalu berhubungan dengan template, HTML, kode CSS, Javascript, widget, dan banyak lagi embel-embel lainnya. Dan ini pastinya akan menjadi kesenangan lain dalam dunia blogging. Yaap...membuat widget, edit template blog memberikan keasyikan tersendiri, bisa mempercantik blog atau mungkin malah menghancurkan blog hahahaha....

Solusi Tepat Belajar Secara Online HTML,CSS dan Javascript

Nah untuk itu bagi yang senang dalam mengedit HTML atau sedang mencoba memodif tampilan blognya, ada baiknya Anda intip web yang satu ini, W3schools.com. Di sana Anda dapat belajar mengenai dasar-dasar HTML, CSS, CSS3, Javascript, dan lain-lain. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengedit dan merubah tampilan blog Anda, atau bahkan mungkin Anda dapat membuat template blog sendiri....Kalau udah bisa, dishare ya...GRATIS
Di W3schools.com Anda juga bisa langsung latihan dengan mencoba merubah-rubah kodenya sehingga Anda akan tahu perubahan yang terjadi dengan kode-kode tersebut. Intinya di sana Anda dapat belajar dan langsung berlatih. 
blogger yang baik selalu menyertakan sumbernya
Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan selamat belajar.. ^_^

Buat Barcode Sendiri Gratis Online

Buat Barcode Sendiri Gratis Online
Untuk membuat barcode cukup mudah caranya seperti ini :
  1. Kunjungi Web online Barcode Generator Klik Disini 
  2. Bisa juga Disini atau Kesini terserah mana yang anda suka.
  3. Masukan kata atau kalimat yang ingin diubah ke barcode dan kemudian save gambar dalam format jpeg atau png pada laptop atau komputer.
  4. Print gambar tersebut dan tempelkan di buku atau pasang di blog atau di websitenya..
Saya rasa cukup mudah, sekian dan terimkasih ^_^
ini kan cara buat barcode, bila sobat ingin membaca barcode secara manual silahkan kesini untuk mengetahuinya

Cara Membuka MMC Yang Terkunci

Cara Membuka MMC Yang Terkunci
Tentu kalau udah begini MMC gak bakalan bisa dibuka.
Kalau ini menimpa anda, lakukan langkah berikut:
  • Buka aplikasi Fileman atau File explorer lain seperti Fexplorer.
  • Masuk ke C , kemudian system, dan cari file mmcstore.
  • Pilih option , operations, rename. Ubah menjadi mmcstore.txt
  • Buka file tsb, nah sekarang anda bisa melihat passwordnya setelah kode f+-.
Sekian penjelasan dari saya Semoga berguna dan bermanfaat !!

Cara Membaca Barkode Dan Triknya

Cara Membaca Barkode Dan Triknya
Cara Membaca Barcode

Secara umum, yang bertugas membaca barcode ini adalah sistem scanner yang terhubung ke komputer. Namun secara manual kita bisa membacanya dengan cara sebagai berikut:
Pertama-tama lihatlah konfigurasi dari barcode tersebut. Ini terdiri dari garis batangan hitam dan spasi berwarna putih. Tiap-tiap garis dan spasi mempunyai ketebalan yang berbeda-beda. Anggaplah satu garis paling tipis warna hitam (seperti garis pertama pada barcode di atas) adalah garis dengan lebar 1 unit dan spasi paling tipis warna putih (seperti pada spasi pertama setelah garis pertama pada barcode di atas) adalah spasi dengan lebar 1 unit. Kemudian secara keseluruhan kita dapat menentukan bahwa garis hitam dan spasi putih tersebut mempunyai ketebalan masing-masing 1, 2, 3 dan 4 unit.

Awal dari setiap barcode biasanya adalah “1-1-1″ atau kalau dibaca dari kiri terdiri dari garis hitam 1 unit, diikuti dengan spasi putih 1 unit, diikuti lagi dengan garis hitam 1 unit.


Kode-kode yang terbaca adalah sbb:

*0 = 3-2-1-1

*1 = 2-2-2-1

*2 = 2-1-2-2

*3 = 1-4-1-1

*4 = 1-1-3-2

*5 = 1-2-3-1

*6 = 1-1-1-4

*7 = 1-3-1-2

*8 = 1-2-1-3

*9 = 3-1-1-2

Contohnya :
Cara Membaca Barkode Dan Triknya


Barcode yang tercetak pada gambar adalah 043000181706:

* Dimulai dengan standar awal yaitu 1-1-1 (bar-space-bar).
* Angka nol adalah 3-2-1-1 (space-bar-space-bar).
* Angka empat adalah 1-1-3-2 (space-bar-space-bar).
* Angka tiga adalah 1-4-1-1 (space-bar-space-bar).
* Tiga angka nol berikutnya adalah 3-2-1-1 (space-bar-space-bar).
* Di tengah biasanya standar 1-1-1-1-1 (space-bar-space-bar-space).
* Angka satu adalah 2-2-2-1 (bar-space-bar-space).
* Angka delapan adalah 1-2-1-3 (bar-space-bar-space).
* Angka satu adalah 2-2-2-1 (bar-space-bar-space).
* Angka tujuh adalah 1-3-1-2 (bar-space-bar-space).
* Angka nol adalah 3-2-1-1 (bar-space-bar-space).
* Angka enam adalah 1-1-1-4 (bar-space-bar-space).
* Karakter stop biasanya 1-1-1 (bar-space-bar).
Have fun decoding those 12-digit bar codes!


Standar barcode retail di Eropa dan seluruh dunia kecuali Amerika dan Kanada adalah EAN (European Article Number) – 13. EAN-13 standar terdiri dari:
  1. Kode negara atau kode sistem: 2 digit pertama barcode menunjukkan negara di mana manufacturer terdaftar.
  2. Manufacturer Code: Ini adalah 5 digit kode yang diberikan pada manufacturer dari wewenang penomoran EAN.
  3. Product Code: 5 digit setelah manufacturer code. Nomor ini diberikan manufacturer untuk merepresentasikan suatu produk yang spesifik.
  4. Check Digit atau Checksum: Digit terakhir dari barcode, digunakan untuk verifikasi bahwa barcode telah dipindai dengan benar.
Cara Praktis Membaca Barcode 

Melihat dan mengetahui produk itu berasal dari negara mana, kita bisa membacanya dengan 3 digit pertama barcode tersebut.

Barcode atau kode baris yang muncul pada barang yang diproduksi mengikuti aturan internasional yang ditetapkan. Kita mengenal EAN (European Article Number) yang memberikan informasi sistem pengkodean. Barcode aturan yang ditetapkan terdiri dari 13 digit, yaitu kode negara, kode perusahaan, kode produk, dan cek digit. Indonesia memiliki kode awal 899. Artinya barang buatan Indonesia atau diproduksi di Indonesia akan diawali dengan kode ini. Kode ini dipakai untuk kepentingan perdagangan internasional.

Kode Negara Dalam Barcode

Negara asal sebuah produk bisa dengan mudah kita kenali dari barcode-nya. Misalnya, barcode dengan awalan 690, 691 atau 692 adalah made in China. Sedangkan barcode dengan awalan 899 adalah made in Indonesia. Berikut ini adalah kode-kode negara yang digunakan pada barcode:
00-13: USA & Canada
20-29: In-Store Functions
30-37: France
40-44: Germany
45: Japan (also 49)
46: Russian Federation
471: Taiwan
474: Estonia
475: Latvia
477: Lithuania
479: Sri Lanka
480: Philippines
482: Ukraine
484: Moldova
485: Armenia
486: Georgia
487: Kazakhstan
489: Hong Kong
49: Japan (JAN-13)
50: United Kingdom
520: Greece
528: Lebanon
529: Cyprus
531: Macedonia
535: Malta
539: Ireland
54: Belgium & Luxembourg
560: Portugal
569: Iceland
57: Denmark
590: Poland
594: Romania
599: Hungary
600 & 601: South Africa
609: Mauritius
611: Morocco
613: Algeria
619: Tunisia
622: Egypt
625: Jordan
626: Iran
64: Finland
690-692: China
70: Norway
729: Israel
73: Sweden
740: Guatemala
741: El Salvador
742: Honduras
743: Nicaragua
744: Costa Rica
746: Dominican Republic
750: Mexico
759: Venezuela
76: Switzerland
770: Colombia
773: Uruguay
775: Peru
777: Bolivia
779: Argentina
780: Chile
784: Paraguay
785: Peru
786: Ecuador
789: Brazil
80 – 83: Italy
84: Spain
850: Cuba
858: Slovakia
859: Czech Republic
860: Yugoslavia
869: Turkey
87: Netherlands
880: South Korea
885: Thailand
888: Singapore
890: India
893: Vietnam
899: Indonesia
90 & 91: Austria
93: Australia
94: New Zealand
955: Malaysia
977: International Standard Serial Number for Periodicals (ISSN)
978: International Standard Book Numbering (ISBN)
979: International Standard Music Number (ISMN)
980: Refund receipts
981 & 982: Common Currency Coupons
99: Coupons


Nah sekian dulu Penjelasan Cara Membaca Barkode Dan Triknya dari saya sob Semoga ada manfaat nya,,,berhubung mata ini sudah tidak bisa di ajak begadang saya akhri saja tulisan saya ini dengan membaca doa sebelum tidur "bismikallahumma ahya wa amutu"  ^_^


Bila masih ragu silahkan ke sini untuk membuat barkode online

Senin, 18 Maret 2013

SKL UN IPA 10 : Bunyi

KOMPETENSI
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.


INDIKATOR
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


MATERI


Sifat-sifat bunyi:

  1. Bunyi dihasilkan benda yang bergetar
  2. Bunyi merambat dalam bentuk gelombang longitudinal (ada rapatan dan regangan)
  3. Bunyi dalam perambatannya memerlukan medium (perantara). Bunyi merambat paling baik pada zat padat, kemudian zat cair dan paling buruk pada gas (udara)
  4. Bunyi tidak dapat merambat dalam ruang hampa
  5. Tinggi rendahnya bunyi ditentukan oleh frekuensi
  6. Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh amplitudo
Cepat rambat bunyi
image

Pemantulan bunyi
Untuk mencarai Kedalaman laut, dapat digunakan rumus :
image


Contoh Soal
1. Rekaman Proklamasi dapat di dengar dengan baik di bumi. Setelah dibawa ke bulan bunyi tersebut tidak dapat di dengar.Hal ini disebabkan oleh...
A. Frekuensi sumber bunyi mengalami perubahan.
B. Grafitasi bumi di bulan kurang dari 10 m/s2.
C. Amplitudo sumber bunyi berkurang.
D. Di bulan hampa udara.
Jawab : D

2. Osilator dari sebuah kapal mengirimkan getaran ke dasar laut. Jika cepat rambat bunyi di air laut tersebut 1.500 m/s dan bunyi pantulnya di dengar setelah 1/10 detik ,maka kedalaman laut adalah...
A. 300 meter       C. 75 meter
B. 150 meter       D. 25 meter

Penyelesaian
image

SKL UN IPA 9 : Getaran dan Gelombang

KOMPETENSI
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.


INDIKATOR
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.

MATERI
Getaran dan Gelombang
Periode : waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali getaran/gelombang
image
Frekuensi : banyaknya getaran/gelombang yang terjadi selama 1 detik
image
Hubungan periode dan frekuensi
image
Cepat rambat gelombang
image
F = frekuensi (Hz)
T = periode (s)
t = waktu yang diperlukan (s)
n = banyaknya getaran atau gelombang
v = cepat rambat gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)

Contoh soal
Gelombang permukaan air suatu danau tampak seperti gambar berikut ini!
image
Bila kedua gabus tersebut naik turun bersama permukaan air dengan frekuensi 2 Hz, maka cepat rambat gelombang tersebut adalah ....
A. 20 cm/detik         C. 80 cm/detik
B. 30 cm/detik         D. 120 cm/detik
Penyelesaian
image

SKL UN IPA 8 : Tekanan

KOMPETENSI
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
MATERI
a. Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja dibagi luas permukaan bidang.
image
P = tekanan (N/m2)
F = gaya (N)
A = luas bidang tekan (m2)
b. Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang diakibatkan oleh zat cair yang diam dalam suatu kedalaman tertentu
image
Ph = tekanan hidrostatis (N/m2)
ρ = massa jenis zat (kg/m3)
h = kedalaman (m)
c. Hukum Pascal : “ tekanan yang diberikan kepada zat cair di dalam ruangan tertutup diteruskan ke segala arah dan sama besar “
image
image
F12 = gaya pada penampang kecil, besar
A12 = luas penampang kecil, besar
d. Permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
image


P1 = P2
atau
image
ρ1,2 = massa jenis zat cair 1,2
h1,2 = ketinggian zat cair 1,2

Contoh soal teman :

image
Pada peralatan hidrolik seperti gambar, luas penampang A2 = 200 A1. Jika gaya pada piston A1 adalah 100 N, maka massa maksimum benda yang diangkat adalah …. (g = 10 N/kg)
A. 200 kg           C. 20.000 kg
B. 2.000 kg       D. 200.000 kg
Jawab :
image
Soal :
1. Perhatikan gambar berikut!
image
Alat pengangkat hidrolik pada gambar memiliki pengisap, dengan A2 =200A1. Maka perbandingan F1 : F2 nya adalah ....
A. 1 : 400        C. 400 : 1
B. 1 : 200       D. 200 : 1
2. Perhatikan gambar benda pejal dengan posisi berikut !
image
Jika volume ketiga benda sama, maka tekanan yang ditimbulkan dari ketiga posisi benda tersebut adalah….
A. posisi 2 > posisi 3 = posisi 1
B. posisi 3 = posisi 1 > posisi 2
C. posisi 2 = posisi 1 = posisi 3
D. posisi 2 > posisi 1 > posisi 3
3. Perhatikan gambar berikut !
image
Jika percepatan gravitasi di tempat ini sebesar 10 N/kg, maka tekanan hidrostatis tepat mulut ikan tersebut sebesar….
A. 2500 N/m²          C. 6000 N/m²
B. 3500 N/m²         D. 8500 N/m²
4. Berdasar prinsip tekanan hidrostatis, bendungan yang baik adalah ....
image
5. Alat pengangkat hidrolik pada gambar berikut memiliki pengisap, masing-masing dengan luas A1 = 5 cm² dan A2 = 2000 cm². Berat mobil yang akan diangkat 25000 N. Berapa besar gaya F yang harus diberikan pada pengisap kecil ….
image
a. 62.5 N           C. 30 N
b. 45 N              D. 12,5 N

SKL UN IPA 7 : Pesawat Sederhana

KOMPETENSI
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI
PESAWAT SEDERHANA
Pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk memudahkan melakukan usaha
a. Tuas
image
Beban x lengan beban = kuasa kali lengan kuasa
W lb = F lk
Keuntungan Mekanik (KM)
 image
b. Katrol
image
- Katrol tetap
F = W, Lk = Lb ; Keuntungan Mekanik (KM) = 1
- Katrol bergerak
F = ½ W; Lk = 2Lb; Keuntungan Mekanik (KM) = 2
c. Bidang miring
image
Keuntungan Mekanik (KM)
image
Contoh Soal
Perhatikan pesawat sederhana berikut ini.
image
Diketahui panjang AB = . Jika kuasa di titik C adalah 10 N, maka besarnya beban maksimum di titik A yang dapat terangkat sehingga posisi AC mendatar adalah …
A. 10 N
B. 27 N
C. 30 N
D. 90 N
Jawab :
image

Seperti Biasa ada Soal buat latihan :D
1. Perhatikan gambar berikut!
image
Letak titik tumpunya agar diperoleh kuasa yang paling mudah untuk mengangkat beban A adalah ....
A. 125 cm dari titik B
B. 30 cm dari titik A
C. 100 cm dari B
D. 40 cm dari A
2. Perhatikan gambar berikut !
image
Gaya yang diperlukan untuk mendorong beban pada sistem di atas adalah ....
A. 500 N
B. 750 N
C. 1000 N
D. 1500 N
3. Perhatikan gambar berikut!
image
Untuk mengangkat beban 1000 N digunakan tuas yang panjangnya 300 cm dan lengan beban 50 cm. Maka gaya yang diperlukan adalah ....
A. 150 N
B. 167 N
C. 200 N
D. 250 N
4. Berikut yang termasuk peralatan tuas jenis pertama adalah ....
image
5. Jika gesekan tali dan katrol diabaikan , maka besarnya gaya yang diperlukan untuk mengangkat benda pada katrol berikut  adalah .... image
A. 50 N
B. 100 N
C. 150 N
D. 200 N

SKL UN IPA 6 : Usaha Dan Energi

KOMPETENSI
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
MATERI
USAHA
Usaha adalah hasil kali gaya terhadap perpindahan
image
W = Usaha (J)
F = gaya (N)
s = perpindahan (m)
Energi
a. Energi Kinetik
image
Ek = energi kinetik (J)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan (m/s)
b. Energi Potensial
image
Ep = energi potensial (J)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
h = ketinggian (m)

DAN INI ADA SOAL UNTUK KALIAN BUAT LATIHAN
1. Seorang siswa memiliki massa 45 kg menumpang pada kendaraan bak terbuka yang massanya 900 kg jika kendaraan tersebut melaju dengan kecepatan 72 km/jam, maka energi kinetik yang dimiliki siswa tersebut adalah ….
A. 4 kJ
B. 9 kJ
C. 171 kJ
D. 180 kJ
2. Perhatikan gaya-gaya yang bekerja pada benda. Gaya-gaya ini mengakibatkan benda berpindah ke kanan. Usaha sebesar 150 J dilakukan oleh gaya pada ....
image
3. Perhatikan gambar berikut ni!
image
Besar usaha yang dilakukan oleh F1 dan F2 adalah ...
A. (30 N + 20 N) x 20 m
B. (30 N - 20 N) x 20 m
C. 30 N x 10 N
D. 20 N x 20 N
4. Perhatikan gambar berikut!
image
Agar mobil sedan tersebut, berparkir setengah meter di depan bus, berapa besar usaha yang diperlukan .....
A. ­400 N
B. 450 N
C. 475 N
D. 500 N
5. Perhatikan gambar berikut!
image
Agar mobil B tersusul, maka kecepatan mobil A dua kali lipat kecepatan mobil B, perbandingan antara energi kinetik A dibanding energi kinetik B adalah ....
A. setengah kali
B. sama besar
C. dua kali lebih besar
D. empat kali lebih besar
6. Perhatikan gambar tangga berikut!
image
Usaha yang diperlukan untuk memindahkan balok dari lantai A ke lantai B adalah ....
A. 15 J
B. 20 J
C. 75 J
D. 95 J